BTC: 3B74XpJ12oucMsEgxVbZqwYd6XPgGs8GXt / ETH: 0xae7d573142e3b918cc9d2b0bf35a5f9cb35619e3

Wednesday 28 October 2020

Konsep Keindahan

BRIAN RIAN REHAN

NPM: 50420296

Kelas: 1IA13



1. Konsep Keindahan dalam arti luas meliputi? 

MEMAHAMI KONSEP KEINDAHAN 

A. Pengertian Keindahan


Keindahan adalah sifat-sifat yang merujuk pada sesuatu yang indah, dimana manusia mengekspresikan perasaan indah tersebut melalui berbagai hal yang mengandung unsur estetis yang dinilai secara umum oleh masyarakat. Keindahan membuat diri manusia terkagum-kagum akan suatu pesona dari manisia,benda,lingkungan tempat tinggal mauun pemandangan alam yang dilihatnya.

Keindahan sebagai suatu kualitas abstrak menggambarkan sesuatu yang kontemporer dan bersifat nonrealistic dimana sang pencipta karya menggambarkan sesuatu yang tidak bisa dimengerti secara umum dan tidak sesuai dengan realita.

Keindahan sebagai kualitas abstrak menggambarkan suatu bentuk dalam yang keindahan dimana keindahan tersebut bersifat eksklusif dan hanya dapat dimengerti oleh orang yang menciptakan keindahan tersebut berdasarkan apa yang dipahaminya.

Keindahan sebagai benda tertentu yang menunjukkan keindahan memiliki konsep pemahaman dan nilai yang berbeda dengan kualitas abstrak dimana benda yang dimaksud dalam hal ini adalah sesuatu yang mewakili keindahan secara umum dan dapat dengan mudah diterima maupun dipahami oleh masyarakat.

Pengertian keindahan menurut para ahli:

1. Herbert Read 

Pengertian keindahan menurut Herbert Read adalah satu kesatuan dan hubungan bentuk yang terdapat diantara pencerapan indra manusia.

2. John Dewey

Keindahan merupakan suatu hal yang saling berhubungan dengan pengalaman, namun tidak semua pengalaman mempunyai sifat estetis.

3. Immanuel Kant

Menyatakan bahwa keindahan adalah estetika yang tidak berkaitan dengan objek atau bendanya, melainkan rasa senang yang dirasakan saat melihat benda tersebut.

4. Winchelman

Pengertian keindahan menurut Winchelman adalah sesuatu yang bisa terlepas sama sekali daripada kebaikan.

5. Kattsoff

Definisi keindahan menyangkut perasaan individu dan perasaan tersebut dikhususkan perasaan yang indah.

B. Fungsi Keindahan

Apapun yang ada didunia ini semua bermanfaat, keindahan yang tiada habisnya didunia tentu saja memiliki manfaat yang begitu besar. Dengan adanya keindahan akan membuat perasaan menjadi tenang dan tentram. Keindahan yang alami dapat memunculkan suatu inspirasi yang sungguh luar biasa. Karena dengan sesuatu yang indah akan membuat pikiran kita menjadi lebih jernih, sehingga lebih mudah untuk mendapatkan inspirasi.

Misalnya, suatu ketika manusia ingin membuat suatu karya seni rupa, kemudian manusia itu belum mempunyai ide tentang karya seni rupa apa yang akan dibuat. Lalu ia merenung dengan menyendiri atau bisa juga pergi kesuatu tempat yang indah untuk mencari sebuah inspirasi.

Nilai ekstrinsik keindahan :

Pengertian ekstrinsik adalah sifat baik dari suatu benda sebagai sarana untuk sesuatu hal lainnya , yakni nilai yang bersifat sebagai alat atau membantu.

Nilai intrinsik keindahan:

Nilai keindahan instrinsik adalah nilai bentuk seni yang dapat diindera dengan mata, telinga atau keduanya. Nilai bentuk ini kadang juga disebut nilai struktur yaitu bagaimana cara menyusun nilai-nilai ekstrinsiknya atau bahannya berupa rangkaian peristiwa. Semuanya disusun begitu rupa sehingga menjadi sebuah bentuk yang berstruktur dan dinamai nilai instrinsik. Cara menyusun bentuk tadi melahirkan sebuah cerita. Kumpulan peristiwa yang sama oleh dua orang penulis mungkin saja disusun berdasarkan urutan atau struktur yang berbeda, sehingga nilai seninya juga berbeda.

C. Peta Konsep


2. Alasan seseorang atau seorang seniman menciptakan keindahan adalah...

Karena Seni bisa menjadi bahasa universal yang dipahami oleh banyak orang, meski berbeda bahasa. Dengan berkumpul dengan orang-orang yang memiliki selera yang sama, secara gak langsung kamu akan saling berkomunikasi dan berbagi. Hal tersebut baik untuk memenuhi kebutuhan manusia sebagai makhluk sosial.

Dengan membuat karya seni, kamu akan merasa bahwa hidupmu bermanfaat. Belum lagi jika karya senimu memiliki arti dan dapat dinikmati oleh orang lain. Kamu akan menghargai dirimu sendiri lebih lagi.

karya seni bisa jadi pelarian yang indah karena kamu bebas melakukan apa pun dan menjadi diri sendiri. Kamu bisa membuat kreasi di mana pun kamu mau. Meskipun kamu berada dalam ruangan tertutup, imajinasi dalam kepalamu bisa mengawang ke mana saja.




No comments:

Post a Comment