BTC: 3B74XpJ12oucMsEgxVbZqwYd6XPgGs8GXt / ETH: 0xae7d573142e3b918cc9d2b0bf35a5f9cb35619e3

Tuesday 13 October 2020

ANALISIS SWOT


BRIAN RIAN REHAN
NPM: 50420296
Singkatnya, SWOT merupakan akronim dari Strength (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunity (kesempatan) dan Threat (hambatan/ancaman). Analisis SWOT adalah sebuah analisa yang dicetuskan oleh Albert Humprey pada dasawarsa 1960-1970an. Analisis SWOT digunakan untuk menghadapi segala ancaman dan hambatan di masa yang akan datang serta untuk mempersiapkan diri dari berbagai perubahan sosial yang ada agar sesuai dengan harapan dan cita-cita kita. Secara ilmiah analisis SWOT juga diartikan sebagai metode atau cara untuk menggambarkan kondisi atau mengidentifikasi masalah berdasarkan faktor internal maupun faktor eksternal. Analisis SWOT menggambarkan apa yang terjadi, bukan sebagai pemecah masalah. Saya akan mencoba untuk menganalisis SWOT yang ada pada diri saya mulai dari sekarang hingga setahun ke depan. Apa saja potensi yang bisa berpengaruh pada karir atau aktivitas serta hambatan-hambatan yang ada ke depan agar saya bisa mempersiapkan diri lebih baik. Tujuan utama saya dalam setahun ke depan  adalah lulus kuliah dengan nilai cumlaude. Dengan nilai cumlaude dan lulus tepat waktu saya berharap dapat dengan mudah mendapatkan pekerjaan yang sesuai potensi dan tentunya sesuai dengan harapan serta cita-cita saya. Sehingga saya dapat membantu orang tua dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga sehari-hari dan membahagiakan kedua orang tua saya pastinya.

1.Strengths (kekuatan)

Merupakan kondisi kekuatan yang terdapat dalam seseoramg,organisasi, proyek atau konsep bisnis yang ada. Kekuatan yang dianalisis merupakan faktor yang terdapat dalam  tubuh organisasi, proyek atau konsep bisnis itu sendiri.

Kekuatan untuk sekarang :
  1. Memiliki rasa ingin tahu yang lebih
  2. Senang bergaul ke hal yang positif
  3. Selalu ramah terhadap teman
  4. Mampu mengenal orang baru dan ramah terhadap orang baru dikenal
  5. Memiliki kemampuan dalam hal membuat musik dan Mengedit Video

2. Weakness (kelemahan)

Merupakan kondisi kelemahan yang terdapat dalam seseorang,organisasi, proyek atau konsep bisnis yang ada.Kelemahan yang dianalisis merupakan faktor yang terdapat dalam  tubuh organisasi, proyek atau konsep bisnis itu sendiri.

Kelemahan untuk sekarang :

  1. Malu saat berbicara didepan umum dan orang yang baru dikenal
  2. Kurang tekun belajar
  3. Terlalu percaya kepada orang lain tanpa berpikir resiko
  4. Kurang menguasai bahasa misalnya bahasa inggris
  5. Saya terkadang terlalu meremehkan hal hal kecil padahal mempunyai effect yang besar

3. Opportunities (peluang)

Merupakan kondisi peluang berkembang di masa datang yang terjadi. Kondisi yang terjadi merupakan peluang dari luar organisasi, proyek atau konsep bisnis itu sendiri. misalnya kompetitor, kebijakan pemerintah, kondisi lingkungan sekitar.

Peluang yang ada :

  1. Dengan kejujuran, saya bisa bekerja dengan baik dan segala sesuatu berjalan dengan baik karna kejujuran Mempunyai banyak relasi untuk bekerja
  2. Menjadi influencer & wirausahawan
  3. Perancang suatu program dalam bisnis
  4. Menjadi programmer & Composer music yang handal dalam bidangnya
  5. Bekerja keras terhadap sesuatu yang ingin dicapai

4. Threats (ancaman)

Merupakan kondisi yang mengancam dari luar. Ancaman ini dapat mengganggu organisasi, proyek atau konsep bisnis itu sendiri.

Ancaman dan hambatan yang ada :

  1. Tenaga kerja yang lebih berpengalaman
  2. Meningkatnya persaingan diantara lulusan sarjana
  3. Kurang percaya diri
  4. Minder
  5. kurang menguasai bahasa

Dosen

ESTININGSIH

9 comments: