BTC: 3B74XpJ12oucMsEgxVbZqwYd6XPgGs8GXt / ETH: 0xae7d573142e3b918cc9d2b0bf35a5f9cb35619e3

Thursday 7 April 2022

MUSIK DIGITAL







New Media yang berada di sekitar saya adalah Musik Digital, sebagai contoh 3 Media Streaming musik yaitu Spotify, Apple Music, Dan Joox.

Kenapa Musik Digital di kategorikan sebagai New Media ? Karena sebelum adanya Media Rekaman Musik Digital ada sebuah Media rekaman piringan hitam yang diubah menjadi rekaman digital, adalah sebuah inovasi rekaman musik ke bentuk media baru (new media).

Musik Digital merupakan musik yang dapat diakses dan dinikmati dengan menggunakan teknologi digital, banyak contoh musik digital era sekarang yang berformat MP3 dan streaming melalui platform Spotify dan sejenis nya, yang kita temui dalam kehidupan sehari-hari khususnya bagi mereka yang hobi mendengarkan musik.

Dengan hadirnya berbagai format musik digital secara tidak sadar telah mengubah kebiasaan manusia dalam mendengarkan musik kesukaan. Jika biasanya mendengarkan musik melalui media berupa CD dan CD Player maka kini cukup hanya mengunduh/ streaming lewat internet dengan berbagai format. Tentu jauh lebih mudah dan nyaman serta dapat didengarkan dimana saja tanpa harus bersusah-susah memakai CD player. Perlahan namun pasti musik digital dengan berbagai format tersebut sudah menggantikan posisi musik berbentuk CD termasuk di Indonesia. Sekaligus menjadi tradisi baru masyarakat dalam mendengarkan musik.

Saya juga telah membuat musik digital dan mempublikasikan karya musik saya di platform digital seperti Spotify, Youtube, dan lain-lain. Jika ingin mendengarkanya search Brian Rian Rehan di platform digital manapun.

1 comment: