BTC: 3B74XpJ12oucMsEgxVbZqwYd6XPgGs8GXt / ETH: 0xae7d573142e3b918cc9d2b0bf35a5f9cb35619e3

Thursday 7 April 2022

Membuat tulisan mengenai aplikasi kesehatan yg muncul selama pandemi seperti Peduli Lindungi dan Jaki atau aplikasi lain dari sudut pandang IT.

 

 

1.     PeduliLindungi



PeduliLindungi adalah aplikasi yang dikembangkan untuk membantu instansi pemerintah terkait dalam melakukan pelacakan untuk menghentikan penyebaran Covid-19. Aplikasi ini mengandalkan partisipasi masyarakat untuk saling membagikan data lokasinya saat bepergian agar penelusuran riwayat kontak dengan penderita Covid-19 dapat dilakukan.

Pengguna aplikasi ini juga akan mendapatkan notifikasi jika berada di keramaian atau berada di zona merah, yaitu area atau kelurahan yang sudah terdata bahwa ada orang yang terinfeksi Covid-19 positif atau ada Pasien Dalam Pengawasan.

Manfaat Aplikasi PeduliLindungi di Sektor Transportasi

Aplikasi ini memiliki beberapa manfaat, diantaranya dapat membantu petugas memastikan proses validasi dokumen kesehatan di simpul transportasi secara digital, sehingga lebih aman, cepat, mudah dan sederhana.

Selain itu penggunaan aplikasi ini juga dapat meminimalkan kontak fisik karena tidak harus membawa dokumen kertas hasil tes Covid-19 atau kartu vaksinasi, dan juga lebih aman dari adanya pemalsuan hasil tes swab baik PCR maupun antigen.

 

Cara Menggunakan Aplikasi PeduliLindungi Sebagai Syarat Perjalanan

·       Unduh dan install aplikasi lewat Play Store atau App store

·       Buka aplikasi dan berikan izin akses lokasi, penyimpanan, dan kamera

·       Buat akun dengan mengisi nama lengkap, nomor ponsel, dan nomor KTP (NIK)

·       Apabila sudah memiliki akun, login dengan nomor ponsel yang telah didaftarkan

·       Masukkan kode OTP untuk verifikasi. Kode OTP dikirim lewat SMS ke nomor ponsel yang didaftarkan

·       Setelah berhasil login, Anda akan melihat tampilan awal PeduliLindungi

·       Terdapat beberapa tombol menu, seperti Pendaftaran Vaksin, Scan QR Code, Teledokter, Info Penting, Diary Perjalanan, dan Paspor Digital

·       Untuk menggunakan aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat perjalanan, klik tombol Paspor Digital

·       Akan muncul dua sub-menu, yaitu Sertifikat Vaksin dan Hasil Test Covid-19

·       Klik sub-menu Sertifikat Vaksin untuk menunjukkan sertifikat bukti vaksinasi Covid-19

·       Klik sub-menu Hasil Test Covid-19 untuk menunjukkan bukti hasil tes Covid-19 yang telah dilakukan.

 

2.     Jaki

Aplikasi JAKI atau singkatan dari Jakarta Kini yang merupakan aplikasi terobosan Jakarta Smart City menang di IDC Awards dalam kategori The Best Future Innovation. Melansir dari Smartcity.jakarta.go.id, JAKI juga pernah mendapat penghargaan sebagai Champion Project di ajang WSIS Prizes 2021 dalam kategori E-Government.

 

Aplikasi JAKI resmi dirilis pada 27 September 2019 lalu dan masih digunakan oleh warga Jakarta sampai saat ini. Secara general, aplikasi drai Jakarta Smart City ini menyediakan informasi mengenai layanan bagi seluruh warga yang ada di Pemprov DKI Jakarta. Dengan hadirnya JAKI, diharapkan dapat menjadi bagian dalam mewujudkan kota pintar untuk mentransformasi Jakarta menjadi kota metropolitan yang lebih baik. Aplikasi ini dirilis dengan semangat inovasi berkelanjutan untuk menjadi solusi pemecah permasalahan sehari-hari yang dihadapi oleh masyarakat.

 

terdapat berbagai fitur yang tersedia, salah satunya fitur yang berhubungan dengan pandemi Covid-19. Fitur tersebut salah satunya adalah JakCLM yang berguna untuk pemeriksaan mandiri gejala Covid-19. Dengan menggunakan machine learning, fitur JakCorona, pusat informasi kasus Korona di Jakarta dan fitur JakLapor untuk melaporkan permasalahan kota seperti pelanggaran PPKM. Melalui aplikasi ini, warga Jakarta juga bisa memantau lebih dari 4.000 titik lokasi Wi-Fi gratis yang disediakan oleh Pemprov DKI Jakarta.

 

Inilah beberapa fitur JAKI yang dapat digunakan bagi warga DKI Jakarta yang membuat aplikasi ini istimewa:

 

1. JakWarta

JAKI menyediakan berita resmi langsung dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Para OPD/BUMD memiliki akun resmi pada akun JAKI, sehingga dapat dipastikan, informasi yang warga dapatkan merupakan terbitan langsung dari perangkat Pemprov DKI Jakarta.

 

2. JakLapor

Sistem pelaporan dalam JAKI berbasis geo-tagging dan terintegrasi dengan Cepat Respon Masyarakat (CRM), sehingga pengguna bisa melaporkan berbagai permasalahan terkait pelanggaran PPKM di Jakarta agar bisa ditindaklanjuti oleh pihak berwajib.

 

3. JakRespons

Laporan atau aduan permasalahan yang dilaporkan oleh warga melalui JAKI  dapat dipantau proses tindak lanjutnya melalui fitur JakRespons. Pelapor yang terdaftar dalam JAKI juga dapat memberikan penilaian berupa tingkat kepuasan terhadap hasil pekerjaan yang dilakukan oleh OPD terkait.

 

4. JakISPU

Fitur ini menyajikan Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) dan terintegrasi dengan sensor udara terobosan Dinas Lingkungan Hidup Jakarta secara langsung. Terletak di seluruh kota madya, warga pun bisa langsung memantau kualitas udara sesuai lokasinya.

 

5. JakSiaga

Pengguna JAKI akan memiliki nomor-nomor penting saat situasi genting seperti Jakarta Siaga 112, tim SAR, pemadam kebakaran, dan lainnya secara otomatis.

 

6. JakApps

Fitur ini menjadi gerbang masuk warga untuk mengakses seluruh layanan daring Pemprov DKI Jakarta.

 

7. JakPantau

JakPantau dapat membantu warga Jakarta bisa mempersiapkan diri akan cuaca yang berubah-ubah. Penggunanya juga dapat mengakses informasi terkini mengenai aliran sungai serta kondisi pintu air di Jakarta.

 

8. JakAman

Pengguna JAKI dapat melapor apabila sedang dalam situasi bahaya dapat dilaporkan melalui beragam kategori yang tersedia seperti kecelakaan, kedaruratan medis, dan kriminal.

9. Jako

Fitur ini dapat digunakan untuk mengakses lima aplikasi yang telah berkolaborasi dengan Pemprov DKI Jakarta: Bukalapak, Gojek, Grab, Shopee, dan Tokopedia.

 

 

 

3.     Halodoc



Halodoc yang menyediakan layanan kesehatan, didukung dengan ApotekAntar sebagai layanan pengantaran obat dari apotek resmi, dan laboratorium untuk memesan tes laboratorium resmi. Halodoc menyediakan dokter dari berbagai spesialisasi. Pelayanan dokter Halodoc terjamin dan dapat dipercaya karena dilengkapi dengan Surat Tanda Registrasi dan Surat Izin Praktek.

Halodoc memberi kebebasan pengguna memilih dokter sesuai kebutuhan, dan memilih sarana komunikasi, antara lain fitur suara, panggilan video, maupun ruang obrolan. Aplikasi Halodoc menampilkan informasi dokter yang tersedia, lengkap dengan nama dan spesialisasi, juga tarif konsultasi yang dapat dibayar melalui ATM atau kartu kredit.

Dalam penanganan Covid-19, Halodoc berkolaborasi dengan Gojek dan bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan RI untuk pemeriksaan dini virus corona baru. Pengguna dapat melakukan pemeriksaan mandiri risiko Covid-19 dan konsultasi online dengan dokter berlisensi di Halodoc.

4.     Alodokter

 

Alodokter menyediakan layanan dokter umum dan dokter spesialis, kolom Tanya Dokter sebagai tempat kamu bertanya atau menyimak pertanyaan orang lain. Demi privasi pengguna, terdapat ruang obrolan pribadi dengan dokter. Jawaban diberikan oleh dokter yang sesuai bidangnya dan dilengkapi dengan nomor keanggotaan IDI (Ikatan Dokter Indonesia).

Fitur lain di AloDokter adalah menu Daftar Penyakit dan Daftar Obat, serta artikel kesehatan yang membahas tips, hoax di dunia kesehatan, kesehatan wanita, dan banyak lainnya. Artikel tersebut ditulis oleh dokter yang berpengalaman dapat dipercaya.

Berkaitan dengan penanganan Covid-19, Alodokter memiliki layanan chatbot untuk berinteraksi serta menjawab pertanyaan seputar Covid-19. Layanan digital ini mampu melakukan pengujian mandiri risiko tertular virus corona, guna mendukung Program KIE (Komunikasi, Informasi, dan Edukasi) dari Kementerian Kesehatan.

5.     Grab Health powered by Good Doctor



Good Doctor yang bekerja sama dengan Grab Indonesia menghadirkan aplikasi kesehatan yang dilengkapi layanan konsultasi, tanya jawab, beli obat dan produk kesehatan dari apotek resmi, membuat janji medis dan membuat janji kunjungan rumah sakit serta klinik pilihan.Aplikasi kesehatan ini juga telah bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan RI dalam upaya pencegahan Covid-19, dengan menghadirkan layanan khusus pemeriksaan awal atau screening Covid-19, dilakukan dengan konsultasi daring antara pengguna dengan dokter berlisensi dari Good Doctor. Melalui layanan ini, dokter akan merekomendasikan langkah penanganan virus yang sesuai protokol Kementerian Kesehatan RI.

 

6.     KlikDokter



KlikDokter sebagai aplikasi kesehatan di Indonesia menyediakan informasi dan layanan terkait konsultasi daring, obat-obatan maupun fitur kesehatan lainnya. Pada aplikasi ini, tersedia fitur Indeks Penyakit yang memungkinkan kamu mencari informasi mendalam terkait penyakit, diagnosis dan gejala, hingga pengobatan.

Terkait dengan upaya pemerintah dalam menanggulangi Covid-19, KlikDokter menjadi salah satu aplikasi kesehatan yang ditunjuk secara resmi oleh pemerintah guna memberi edukasi dan informasi tepat seputar Covid-19. Selain itu, pengguna juga dapat melakukan cek risiko Covid-19 gratis dan 24 jam.

No comments:

Post a Comment