BTC: 3B74XpJ12oucMsEgxVbZqwYd6XPgGs8GXt / ETH: 0xae7d573142e3b918cc9d2b0bf35a5f9cb35619e3

Wednesday 25 November 2020

MANUSIA DAN HARAPAN

Soal
1.Jelaskan tentang orientasi harapan dan cita-cita?

2. Jelaskan hubungan dan persamaannya?

Jawaban

1. orientasi dari harapan dan cita-cita tergantung seberapa banyak pengetahuan, pengalaman, dan dorongan-dorongan dari sekitar. Harapan bergantung pada pengetahuan, pengalaman, lingkungan hidup dan kemampuan masing-masing. Harapan harus berdasarkan kepercayaan, baik kepercayaan pada diri sendiri, maupun kepercayaan kepada Tuhan yang maha esa. Agar harapan terwujud maka perlu usaha dan sungguh-sungguh. Bila dibandingkan dengan cita-cita, maka harapan mengandung pengertian tidak terlalu muluk, sedangkan cita-cita pada umumnya perlu setinggi bintang.


2.Harapan dalam kehidupan manusia merupakan cita-cita, keinginan, penantian, kerinduan supaya sesuatu itu terjadi. Dalam menantikan adanya sesuatu yang terjadi dan diharapkan, manusia harus melibatkan manusia lain atau kekuatan lain di luar dirinya supaya sesuatu terjadi atau terwujud.

Harapan itu bersifat manusiawi dan dimiliki semua orang. Dalam hubungannya dengan pendidikan moral, untuk mewujudkan harapan perlu di wujudkan hal-hal sebagai berikut :

1. Harapan apa yang baik

2. Bagaimana cara mencapai harapan itu

3. Bagaiman bila harapan tidak tercapai

Antara harapan dan cita-cita terdapat persamaan yaitu: keduannya menyangkut masa depan karena belum terwujud, pada umumnya dengan cita-cita maupun harapan orang mengiginkan hal yang lebih baik atu meningkat.




Menurut kodratnya manusia itu adalah mahluk sosial. Setiap lahir ke dunia langsung disambut dalam suatu pergaulan hidup, yakni ditengah suatu keluarga dan anggota masyarakat lainnya. Ada dua hal yang mendorong manusia hidup dalam pergaulan manusia lain yaitu dorongan kodrat dan dorongan kebutuhan hidup.

No comments:

Post a Comment