BTC: 3B74XpJ12oucMsEgxVbZqwYd6XPgGs8GXt / ETH: 0xae7d573142e3b918cc9d2b0bf35a5f9cb35619e3

Tuesday 1 December 2020

Konsepsi Ilmu Budaya Dalam dan Kesusastraan

BRIAN RIAN REHAN

NPM: 50420296

Kelas: 1IA13

3. Konsepsi Ilmu Budaya Dalam dan Kesusastraan 

A. Pendekatan Kesusastraan 

Ilmu Budaya Dasar semula dinamakan Basic Humanities, berasal dari bahasa inggris “the humanities”. Istilah ini berhasal dari bahasa latin humanus, yang berati manusiawi, berbudaya, dan halus.

Hampir disetiap jaman, seni termasuk sastra memegang peranan yang penting dalam the humanities. Ini terjadi karena seni merupakan ekspresi nilai-nilai kemanusiaan, dan bukannya formulasi nilai-nilai kemanusian seperti seperti yang terdapat dalam filsafat atau agama dibanding dengan cabang the humanities yang lain, seperti hal nya ilmu bahasa. 

B. Ilmu Budaya Dasar Yang Dihubungkan Dengan Prosa 

Prosa berasal dari bahasa latin "prosa" yang artinya "terus terang", yang merupakan karya sastra yang disusun dalam bentuk cerita secara bebas, yang tidak terikat rima dan irama. Jenis tulisan prosa biasanya digunakan untuk mendeskripsikan suatu fakta atau ide. Karenanya, prosa dapat digunakan untuk surat kabar, majalah, novel, ensiklopedia, surat, serta berbagai jenis media lainnya. 

Jenis-jenis prosa : 

1. Dongeng 

2. Cerpen 

3. Novel 

4. Biografi 

5. Esai 

6. Kritik 

7. Artikel 

Komponen dalam prosa lama : 

1. Pantun 

2. Gurindam 

3. Mantera 

4. Talibun 

5. Sage 

Komponen dalam prosa baru : 

1. Novel 

2. Biografi 

3. Cerpen 

4. Drama 

5. Soneta 

C. Nilai-nilai Kemanusiaan Dalam Prosa Fiksi 

Sebagai bagian dari seni, yang lebih menekankan pada cerita. Mau tidak mau karya sastra ini langsung atau tidak langsung membawa moral, pesan atau cerita. Dengan kata lain dalam Prosa Fiksi mengandung beberapa nilai yakni : 

1. Memberikan kesenangan 

2. Memberikan informasi 

3. Memberikan warisan cultural 

4. Memberikan keseimbangan wawasan 

D. Ilmu Budaya Dasar Yang Berhubungan dengan Puisi 

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa puisi merupakan bagian dari seni sastra, sedangkan sastra merupakan bagian dari kesenian, dan kesenian adalah unsur dari kebudayaan. Sehingga Puisi dapat diartikan ekspresi pengalaman jiwa penyair mengenai kehidupan manusia, alam dan Tuhan melalui media bahasa yang artistik/estetik yang secara padu dan utuh dipadatkan kata-katanya. 

Kepuitisan, keartistikan atau keestetikaan bahasa puisi disebabkan oleh kreativitas penyair dalam membangun puisinya dengan menggunakan : 

1. Figura bahasa 

2. Kata-kata yang ambiguitas 

3. Kata-kata yang berjiwa 

4. Kata-kata yang konotatif 

5. Pengulangan 

Adapun tujuan penyajian puisi pada perkuliahan Ilmu Budaya Dasar adalah sebagai 

berikut : 

1. Makna hubungan puisi dengan pengalaman hidup 

2. Puisi dengan kesadaran individual 

3. Puisi dengan keinsafan sosial 
CONTOH KASUS 

Sastra merupakan suatu karya yang sangat berharga dalam kehidupan manusia, karena dalam sastra banyak mengandung nilai-nilai moral dan kehidupan yang memberikan banyak manfaat baik dalam segi ilmu pengetahuan maupun manfaat nyata dari ilmu pengetahuan tersebut yang dapat dituangkan dalam kehidupan nyata. 

Namun di era seperti sekarang ini sastra semakin ditinggalkan dan dilupakan, padahal pada masanya dulu karya sastra sangat berharga dan bernilai tinggi. Seperti halnya Al’Quran, Al’Quran sangat besar perannya dalam perkembangan Islam dan juga perkembangan serta kemajuan moral dan agama pada kehidupan manusia. Dalam contoh nyata tersebut karya sastra sangat besar nilainya dan sangat berpengaruh dalam kehidupan manusia. 

Sastra juga harus mulai diajari dan diperkenalkan kepada anak bangsa sejak dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi, agar para generasi muda bangsa dapat mengenal dan mencintai karya sastra Indonesia, dan juga agar mereka dapat melestarikan karya sastra Indonesia tersebut. Di luar negeri, karya sastra Indonesia sangat diapresiasi oleh masyarakat luar negeri, jika di luar negeri saja di apresiasi, seharusnya di Indonesia pun lebih dihargai dan dapat terus dlestarikan 

Marilah kita lestarikan karya sastra Indonesia yang semakin tenggelam dalam era modern seperti ini. Karya sastra adalah salah satu kekayaan negara kita yang sangat besar manfaatnya, baik karya sastra seperti puisi, prosa, roman dll. Dan juga para penulis karya sastra tersebut seperti tokoh yang sangat terkenal dari Indonesia yaitu Chairil Anwar. Marilah kita budayakan karya sastra dalam kehidupan berbangsa Indonesia. 

No comments:

Post a Comment