BTC: 3B74XpJ12oucMsEgxVbZqwYd6XPgGs8GXt / ETH: 0xae7d573142e3b918cc9d2b0bf35a5f9cb35619e3

Thursday 18 August 2022

UML, USE CASE




UML, kependekan dari Unified Modeling Language, adalah bahasa pemodelan standar yang terdiri dari serangkaian diagram terintegrasi, yang dikembangkan untuk membantu pengembang sistem dan perangkat lunak untuk menentukan, memvisualisasikan, membangun, dan mendokumentasikan artefak sistem perangkat lunak, serta untuk pemodelan bisnis dan sistem non-perangkat lunak lainnya. UML mewakili kumpulan praktik rekayasa terbaik yang telah terbukti berhasil dalam pemodelan sistem yang besar dan kompleks. UML adalah bagian yang sangat penting dalam pengembangan perangkat lunak berorientasi objek dan proses pengembangan perangkat lunak. UML sebagian besar menggunakan notasi grafis untuk mengekspresikan desain proyek perangkat lunak. Menggunakan UML membantu tim proyek berkomunikasi, mengeksplorasi desain potensial, dan memvalidasi desain arsitektur perangkat lunak. Pada artikel ini, kami akan memberi Anda ide terperinci tentang apa itu UML, sejarah UML dan deskripsi setiap jenis diagram UML, beserta contoh UML.


Sejarah UML
Selama tahun 1996, Request for Proposal (RFP) pertama yang dikeluarkan oleh Object Management Group (OMG) memberikan katalis bagi organisasi-organisasi ini untuk bergabung dalam menghasilkan tanggapan RFP bersama.
Rational membentuk konsorsium Mitra UML dengan beberapa organisasi yang bersedia mendedikasikan sumber daya untuk bekerja menuju definisi UML 1.0 yang kuat. Mereka yang paling berkontribusi pada definisi UML 1.0 termasuk:
Perusahaan Peralatan Digital
HP
i-Logix
IntelliCorp
IBM
Komputasi ICON
Rumah Sistem MCI
Microsoft
Peramal
Perangkat Lunak Rasional
TI
Unisys
Kolaborasi ini menghasilkan UML 1.0, bahasa pemodelan yang terdefinisi dengan baik, ekspresif, kuat, dan dapat diterapkan secara umum. Ini diserahkan ke OMG pada Januari 1997 sebagai tanggapan RFP awal
Pada Januari 1997 IBM, ObjecTime, Platinum Technology, Ptech, Taskon, Reich Technologies dan Softeam juga menyerahkan tanggapan RFP terpisah ke OMG. Perusahaan-perusahaan ini bergabung dengan mitra UML untuk menyumbangkan ide-ide mereka, dan bersama-sama para mitra menghasilkan tanggapan UML 1.1 yang direvisi. Fokus dari rilis UML 1.1 adalah untuk meningkatkan kejelasan semantik UML 1.0 dan untuk menggabungkan kontribusi dari mitra baru. Itu diajukan ke OMG untuk pertimbangan mereka dan diadopsi pada musim gugur 1997.1 dan ditingkatkan 1.1 menjadi 1.5, dan kemudian ke UML 2.1 dari 01 hingga 06 (sekarang versi UML saat ini adalah 2.5)


UML - Gambaran Umum
Sebelum kita mulai melihat teori UML, kita akan melihat secara singkat beberapa konsep utama UML.


Hal pertama yang harus diperhatikan tentang UML adalah bahwa ada banyak diagram (model) yang berbeda untuk membiasakan diri. Alasan untuk ini adalah bahwa adalah mungkin untuk melihat suatu sistem dari banyak sudut pandang yang berbeda. Sebuah pengembangan perangkat lunak akan memiliki banyak pemangku kepentingan yang berperan.


Misalnya:


Analis
desainer
pembuat kode
penguji
QA
Pelanggan
Penulis Teknis


Semua orang ini tertarik pada aspek yang berbeda dari sistem, dan masing-masing memerlukan tingkat detail yang berbeda. Misalnya, seorang pembuat kode perlu memahami desain sistem dan mampu mengubah desain menjadi kode tingkat rendah. Sebaliknya, seorang penulis teknis tertarik pada perilaku sistem secara keseluruhan, dan perlu memahami bagaimana fungsi produk. UML berusaha menyediakan bahasa yang sangat ekspresif sehingga semua pemangku kepentingan dapat memperoleh manfaat dari setidaknya satu diagram UML.


Berikut adalah tampilan cepat masing-masing dari 13 diagram ini seperti yang ditunjukkan pada Struktur Diagram UML 2 di bawah ini:


Diagram struktur menunjukkan struktur statis sistem dan bagian-bagiannya pada tingkat abstraksi dan implementasi yang berbeda dan bagaimana mereka terkait satu sama lain. Elemen-elemen dalam diagram struktur mewakili konsep yang bermakna dari suatu sistem, dan dapat mencakup konsep abstrak, dunia nyata dan implementasi, ada tujuh jenis diagram struktur sebagai berikut:


Diagram Kelas
Diagram Komponen
Diagram Penerapan
Diagram Objek
Diagram Paket
Diagram Struktur Komposit
Diagram Profil


Diagram perilaku menunjukkan perilaku dinamis dari objek-objek dalam suatu sistem, yang dapat digambarkan sebagai rangkaian perubahan sistem dari waktu ke waktu, ada tujuh jenis diagram perilaku sebagai berikut:


Gunakan diagram kasus
Diagram Aktivitas
Diagram Mesin Negara
Diagram Urutan
Diagram Komunikasi
Diagram Ikhtisar Interaksi
Diagram Waktu

No comments:

Post a Comment