BTC: 3B74XpJ12oucMsEgxVbZqwYd6XPgGs8GXt / ETH: 0xae7d573142e3b918cc9d2b0bf35a5f9cb35619e3

Thursday 18 August 2022

Web


Apa itu Web

Web adalah nama umum untuk World Wide Web, subset dari Internet yang terdiri dari halaman-halaman yang dapat diakses oleh browser Web. Banyak orang beranggapan bahwa Web sama dengan Internet, dan menggunakan istilah-istilah ini secara bergantian. Namun, istilah Internet sebenarnya mengacu pada jaringan server global yang memungkinkan berbagi informasi yang terjadi melalui Web. Jadi, meskipun Web membuat sebagian besar Internet, tetapi mereka tidak satu dan sama.


History Web

World Wide Web ditemukan oleh seorang ilmuwan Inggris, Tim Berners-Lee pada tahun 1989. Dia bekerja di CERN pada waktu itu. Awalnya, ini dikembangkan olehnya untuk memenuhi kebutuhan berbagi informasi otomatis antara ilmuwan di seluruh dunia, sehingga mereka dapat dengan mudah berbagi data dan hasil eksperimen dan studi mereka satu sama lain.

CERN, tempat Tim Berners bekerja, adalah komunitas lebih dari 1700 ilmuwan dari lebih dari 100 negara. Para ilmuwan ini menghabiskan sebagian waktunya di situs CERN, dan sebagian lagi bekerja di universitas dan laboratorium nasional di negara asalnya, sehingga diperlukan alat komunikasi yang andal agar mereka dapat bertukar informasi.

Internet dan Hypertext tersedia saat ini, tetapi tidak ada yang berpikir bagaimana menggunakan internet untuk menautkan atau membagikan satu dokumen ke dokumen lain. Tim fokus pada tiga teknologi utama yang dapat membuat komputer saling memahami, HTML, URL, dan HTTP. Jadi, tujuan di balik penemuan WWW adalah untuk menggabungkan teknologi komputer terkini, jaringan data, dan hypertext ke dalam sistem informasi global yang mudah digunakan dan efektif.

penemuan di mulai

Pada bulan Maret 1989, Tim Berners-Lee mengambil inisiatif terhadap penemuan WWW dan menulis proposal pertama untuk World Wide Web. Kemudian, dia menulis proposal lain pada Mei 1990. Setelah beberapa bulan, pada November 1990, bersama Robert Cailliau, proposal itu diresmikan sebagai proposal manajemen. Proposal ini telah menguraikan konsep-konsep kunci dan mendefinisikan terminologi yang terkait dengan Web. Dalam dokumen ini, terdapat deskripsi "proyek hypertext" yang disebut World Wide Web di mana web dokumen hypertext dapat dilihat oleh browser. Usulannya mencakup tiga teknologi utama (HTML, URL, dan HTTP).

Pada tahun 1990, Tim Berners-Lee mampu menjalankan server Web dan browser pertama di CERN untuk mendemonstrasikan ide-idenya. Dia menggunakan komputer NeXT untuk mengembangkan kode untuk server Web-nya dan membuat catatan di komputer "Mesin adalah server. Jangan Matikan!!" Sehingga tidak dimatikan secara tidak sengaja oleh seseorang.

No comments:

Post a Comment